Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

9/23/2017

Agar Senar Pancing Kuat Tidak Mudah Putus dan Tidak Mengambang

Kenur atau Senar pancing merupakan piranti yang harus benar-benar kita jaga kondisinya, pastikan keadaan kenur atau senar dalam keadaan baik-baik saja (tidak ada yang cacat). Rajin atau tidaknya seorang pemancing dalam merawat pancing akan terlihat dari kondisi piranti pancing terutama bagian rell dan kenur. Bagi pemancing yang rajin merawat pancing biasanya akan selalu membersihkan joran, reel dan senar pancing yang baru mereka gunakan untuk memancing. Paling tidak mereka akan membersihkan peralatan pancing setiap kali selesai memancing sebelum berkemas pulang bahkan ada juga yang membersihkan ulang setelah sampai di rumah dengan mengolesi reel dengan bahan anti karat dan lain-lain. Bagai mana dengan anda?

Agar Senar Tidak Mudah Putus Saat Mendapat Ikan Besar

Kejadian senar pancing putus saat mengajar ikan adalah hal yang wajar jika memang ikan yang di dapat melebihi kapasitas kekuatan lebel pada senar. Namun sebenarnya ini bisa di atasi dengan tehnik mengajar ikan dengan mengatur reel supaya berputar/berderik saat kekuatan ikan di luar kemampuan senar. Artinya jikan perlawanan ikan benar-benar kuat, reel akan berderik dengan sendirinya membuka gulungan senar dan reel berhenti berderik saat perlawanan ikan melemah. Ini adalah tehnik yang harus di kuasai oleh setiap pemancing, karena jika tidak maka harus siap menerima kekalahan atas perlawanan ikan yang bobotnya di luar kemampuan senar yang kita gunakan.

Penyebab Senar Pancing Putus Karena Cacat/Aus

Usia kenur/senar yang sudah lama kita gunakan menjadi penyebab utama putusnya senar, karena kondisi senar yang sudah banyak cacat dan aus. Senar pancing putus bisa juga karena kondisinya memang sudah rapuh dan banyak cacat kecil yang nyaris tidak kita sadari. Sehalus apapun cacat pada senar pancing, ini akan berpotensi putus saat mendapat ikan karena senar akan mengencang dan melar sehingga bagian yang cacat akan semakin melebar dan mengakibatkan senar yang kita gunakan akan putus. Jika memang kondisi senar sudah tidak layak digunakan lagi, segera ganti dengan yang baru.

Merawat Senar Agar Tidak Mudah Putus

Bersihkan senar pancing secara rutin setiap selesai mancing karena setiap kali kita gunakan maka kotoran sudah barang tentu akan menempel yang bila kita biarkan saja akan mengakibatkan senar menjadi rapuh. Jika memang malas untuk melakukan pembersihan di rumah setelah pulang, paling tidak kita bisa langsung membersihkan setiap kali selesai memancing. Caranya cukup dengan memberi umpan agak besar sehingga pancing bisa kita lempar jauh kira-kira sebatas panjang senar yang kita gunakan, kemudian gunakan lap basah untuk menggenggam bagian pangkal senar kemudian gulung senar sehingga kotoran yang menempel akan lepas di bagian kain yang kita gunakan untuk menggenggam senar sebelum masuk gulungan pada reel. Lakukan setidaknya sekali saja atau ulang lagi untuk mendapatkan hasil senar yang benar-benar bersih dari kotoran.

Akan lebih baik lagi bila sembari membersihkan senar perlahan sambil kita mengecek kondisi senar, untuk memastikan bahwa tidak ada cacat. Karena tidak menutup kemungkinan terjadi gesekan yang mengakibatkan cacat pada saat kita mengajar ikan. Dengan demikian, kita tidak perlu khawatir dengan kondisi kenur saat akan berangkat memancing ikan yang akan datang.

Demikianlah cara merawat senar pancing agar tidak mudah putus. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian terutama untuk pemancing pemula. Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan baca juga artikel lain seputar trik mancing, alat pancing dan umpan pancing.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Agar Senar Pancing Kuat Tidak Mudah Putus dan Tidak Mengambang

0 komentar:

Posting Komentar