Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

5/06/2017

Racikan Umpan Ikan Mas Sederhana Dari Bahan Pelet Untuk Kolam Harian

Umpan ikan atau makanan ikan mas | Mengingat begitu banyaknya jenis racikan umpan untuk makanan ikan mas yang memang bila kita baca satu-persatu akan membuat kita bingung sendiri terutama bagi pemula. Pemancing pemula yang memang masih belum memiliki pengalaman tentang cara meramu umpan untuk dijadikan umpan andalan biasanya sibuk cari resep sana-sini baik itu umpan paket online atau yang di dapat dari toko alat memancing.

Namun khusus untuk umpan kolam harian sebenarnya tidak perlu umpan yang banyak macamnya, karena ikan yang biasanya dicurah di kolam pemancingan adalah ikan yang masih awam dan didapat dari kolam pembiakan atau kolam khusus pembibitan ikan.

Bisa dibilang ikan-ikan ini adalah ikan yang masih terbiasa dengan pakan di tempat asal mereka yaitu pelet. Kondisi seperti di pemancingan kolam harian ini faktor hoky dan kebetulan kerap terjadi, karena sifat ikan masih seperti di tempat asal mereka dimana pakan akan mereka peroleh pada jam-jam tertentu tergantung kapan jadwal pemberian pakan saat di kolam pembiakan. Sifat lain dari ikan-ikan baru ini adalah masih bergerombol karena terbiasa berebut pakan, inilah mengapa di kolam harian atau kiloan masih berlaku faktor kebetulan bisa mendapatkan ikan yang banyak.



Tidak jarang seorang pemancing senior dikalahkan oleh pemancing pemula dalam mendapatkan jumlah tangkapan ikan, ini salah satu bukti bahwa faktor kebetulan itu memang berlaku di kolam harian / kiloan dimana seorang pemancing pemula secara kebetulan duduk di bangku lapak gerombolan ikan. Tapi ingat, faktor kebetulan ini tidak berlaku di galatama ya... Jangan coba-coba mengadu nasib di galatama dengan mengharapkan faktor kebetulan tanpa adanya perhitungan yang matang dalam hal meramu komposisi racikan umpan yang pas. Kembali lagi ke kolam harian atau kiloan, dimana kita akan membahas resep umpan sederhana untuk kompetisi yang tidak seketat di galatama.

Racikan Umpan Sederhana Dengan Bahan Dasar Pelet.

Bahan dasar pelet yang terhitung murah meriah tapi bisa mendapat hasil tangkapan memuaskan, cukup menarik bukan...?
Mengapa harus bahan dasar pelet? jawabnya karena mengingat ikan di kolam pembiakan telah terbiasa dengan pakan dari pelet, dan resep umpan kali ini kita cukup menambahkan salah satu dari : 1. Pasta yang didapat dari Roti Durian, 2. Zuperkeju, 3. Biskuat rasa Pandan, 4.Roti Roma Kelapa

Cara Pembuatan :
Untuk perbandingan kita ambil saja 1 gelas pelet sinta yang bisa di dapat di toko-toko pakan ikan, ingat ini hanya perbandingan saja dan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan banyaknya umpan yang akan kita buat dan bahan camputran bisa ditambah sesuai kelipatan berapa gelas pelet yang kita butuhkan.
Langkah pertama, sedu satu gelas pelet dengan air panas sampai benar-benar empuk dan bisa dihaluskan. Dikukus lebih baik karena hasil kukusan biasanya akan lebih lembut dan akan sangat mudah dalam proses pengadonan dan penghalusan umpan. Usahakan dalam pengadukan pelet benar-benar lembut dan halus seperti bubur bayi, karena dengan demikian ikan akan langsung menelan karena tekstur umpan sangat lembut. Berbeda dengan umpan pelet yang kurang matang dan menyisakan butiran-butiran walaupun kecil, namun ini yang menyebabkan terkadang ikan akan memakan namun di muntahkan lagi untuk menyeleksi bagian umpan yang lebih halus dan lembut, terutama ikan yang memang sudah kenyang.

1. Campuran pasta yang didapat dari Roti Durian.
Umpan ini sangat cocok untuk jenis ikan mas yang tergolong masih kecil, bobot antara 3on-5on.
- Masukkan 1 gelas pelet yang sudah disedu dan dihaluskan tadi kedalam wadah atau bisa plastik, 
- Ambil bagian dalam roti durian yaitu salai atau pasta durian yang kental berwarna kuning yang terdapat di dalam roti dutian (1 bungkus) bagian rotinya bisa dimakan saja, mubazir kalau di buang.
- Campurkan atau masukkan pasta durian kedalam wadah pelet kemudian aduk hingga rata.
Usahakan pengadukan benar-benar rata, tambahkan kinoy wangi sebagai pengeras umpan secukupnya sampai adonan bisa di buat bulatan umpan.
Alasan mengapa pengeras yang digunakan adalah kinoy wangi : Aroma durian bila dipadukan dengan jenis kinoy ini akan semakin tajam, mungkin inilah yang menjadi daya tarik ikan untuk menyukai umpan kita.

2. Campuran Zuperkeju
Langkah pembuatan umpan dengan campuran zuperkeju ini hampir sama dengan cara nomor 1.
- Masukkan pelet yang agak dibuat encer ke dalam wadah, mengapa harus encer : karena Zuperkeju akan banyak menyerap air ketika dicampurkan.
- Siapkan 6 bungkus zuperkeju, haluskan dengan cara meremas-remas selagi masih di dalam bungkusnya untuk memudahkan dalam pengadukan dengan pelet.
- Jika Zuperkeju sudah cukup halus, masukkan kedalam wadah pelet dan aduk sampai benar-benar halus.
Jika adukan sudah dianggap rata, tambahkan sedikit demi sedikit pengeras (kinoy atau bisa pengeras jenis lain) dan terus aduk sampai adonan bisa di buat bulatan umpan.
3. Campuran Biskuat rasa Pandan dan Roti Roma Kelapa
Langkah pembuatan pada jenis umpan dengan campuran roti ini berbeda dengan cara-cara diatas, yang mana penyeduan pelet dilakukan bersamaan dengan bahan campuran roti.
- Masukkan 1 gelas pelet kedalam wadah pengadukan beserta dengan roti (untuk Biskuat masukkan dua bungkus, untuk roma kelapa masukkan 10 lempeng)
- Sedu dengan air panas secukupnya kira-kira adonan nantinya agak encer untuk mempermudah percampuran dan pengadukan antara pelet dan roti, tutup rapat sampai benar-benar matang.
- Haluskan dan aduk pelet dan roti sampai benar-benar halus dan menyatu.
- Tambahkan sedikit-demi sedikit pengeras sambil terus aduk sampai bisa dibuat bulatan umpan.

Perlu diingat bahwa membuat racikan umpan adalah bagian dari usaha yang harus dilakukan dengan penuh perhitungan untuk mendapatkan pengalaman sampai kita menemukan komposisi racikan yang pas. Namun umpan bukanlah satu-satunya yang menentukan banyaknya hasil tangkapan ikan, karena selain itu ada hal lain seperti cuaca, kondisi air, jenis alat, dan lain-lain yang juga perlu kita analisa dan pelajari.

Baca Juga :
1. Racikan Umpan Amis Ikan Mas Ampuh Untuk Harian
2. Umpan Mancing Ikan Mas Saat Musim Hujan
3. Umpan Ikan Mas Ampuh Campuran Pelet & Pindang Tongkol
4. Memilih Hari Yang Baik Untuk Mancing

Demikianlah beberapa jenis makanan atau umpan murah meriah berdasarkan pengalaman dari saya pribadi dan beberapa teman di pemancingan kolam harian atau kiloan ikan mas di daerah Sumberejo, Tanggamus, Lampung. Mudah-mudahan resep yang saya bagikan ini bisa menjadi salah satu umpan alternatif yang juga berlaku untuk kolam pemancingan dilingkingan pembaca sekalian. Salam Mancing Mania..... Mantab....."!!!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Racikan Umpan Ikan Mas Sederhana Dari Bahan Pelet Untuk Kolam Harian

1 komentar:

  1. Saya adl penggemar mancing,tp biasa mancing ikan di sungai. Saat mencoba mancing ikan mas di kolam selalu mendapat kesulitan di Umpan, setiap saran yg didapat selalu saya coba tapi selalu gagal pula.. mungkin benar gak ada pemancing yg benar2 memberikan racikan umpan andalannya kpd publik..

    BalasHapus