Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

6/01/2017

Cara Memancing Ikan Mas Mengambang Setengah Air

Membuat komposisi umpan yang yang pas merupakan kegiatan yang tidak pernah menemukan titik kepuasan, sebab racikan yang kita buat umpan kadang kala tidak jalan sama sekali. Yang jadi pertanyaan adalah apakah komposisi racikan tidak sama dengan yang sebelumya, karena beberapa hari yang lalu dengan racikan yang sama kita mendapat banyak ikan. Inilah yang menyebabkan kenapa dalam membuat umpan tidak pernah menemukan kombinasi campuran yang sempurna. Sebenarnya banyak faktor penyebab mengapa hal ini bisa terjadi.

Pernahkah kita meneliti di salah suatu kolam saja yang menjadi langganan atau tempat rutin kita memancing, mulai dari segi cuaca : Saat cuaca terang atau panas, jenis umpan yang bagaimana yang paling disukai ikan mas dan juga sebaliknya saat musim hujan, jenis umpan apa yang disukai ikan mas. Bisa saja ini merupakan faktor penyebab mengapa hari ini kita boncos, karena umpan yang sama kita gunakan di cuaca yang berbeda.
Kemudian umpan dasar yang kita gunakan; Jika kita menggunakan bahan dasar pelet, mungkin dari tekstur kelembutan umpan beberapa hari yang lalu berbeda dengan yang sekarang dan banyak lagi faktor yang lain.

Perhatikan Cuaca Saat Akan Berangkat Memancing

Dalam membuat umpan, kita dituntut untuk berinovasi membuat racikan yang benar-benar sesuai dengan selera ikan tempat dimana kita memancing, bila perlu buatlah jenis umpan yang sudah kita sesuaikan dengan cuaca saat kita akan memancing. Mungkin cara ini akan lebih baik mengingat selera ikan yang mungkin selalu berubah-ubah dikarenakan cuaca dan lain sebagainya. Saat cuaca dingin, ikan biasanya akan berusaha mencapai permukaan dan bergerombol seolah-olah berusaha menghangatkan satu sama lain. Inilah kebiasaan ikan yang harus kita pahami, hal ini bisa kita lihat pada kolam yang tidak terlalu dalam dengan kondisi air yang bening.
Lantas bagaimana jika di kolam yang cukup dalam ?, apakah kita menyadari dan bisa melihat bahwa ikan bermain di setengah air ?. Inilah perlunya kita memahami sifat dan karakter ikan di berbagai cuaca, dan bisa kita perhatikan biasanya setiap kolam pemancingan tidak pernah terbebas dari ikan nila.

Biasanya bila ikan-ikan nila ini naik ke permukaan, maka ikan mas pun akan berusaha naik ke permukaan sampai kondisi air memiliki tingkat suhu panas yang memungkinkan mereka untuk turun ke dasar kiolam. Bila kita tidak menyadari kondisi dan sifat ikan ini, maka kita beranggapan bahwa ikan tidak mau makan sebab hampir di semua lapak tidak mendapatkan tanda-tanda pelampung memberikan signyal adanya ikan yang memakan umpan.

Lalu apa yang harus kita lakukan saat kondisi ikan di pemancingan tidak menyentuh umpan ?.
http://kolamhariankita.blogspor.com

Trik dan cara Memancing Ikan Mas Setengah Air

Kasus di atas pasti terjadi di setiap kolam pemancingan dimanapun, karena saat suhu air mencapai tingkat dingin tertentu, ikan mas akan berusaha naik kepermukaan untuk mendapatkan suhu yang lebih hangat dibanding dasar kolam. Sebenarnya kondisi seperti ini bukannya ikan tidak mau makan. Ikan akan tetap memakan umpan yang mereka temukan, namun jika kita tidak menyadari bahwa ikan main di setengah air, itu artinya kita akan tetap memancing dengan umpan berada di dasar kolam. Inilah yang menyebabkan ikan tidak menemukan umpan di dasar kolam, sebab ikan berada di setengah air mencapai permukaan. Lantas apa yang harus kita lakukan ?

Cara yang pertama :
1. Gunakan pelampung yang mampu mengangkat umpan dari dasar kolam.
2. Buang timah pemberat dan kili-kili supaya beban pelampung berkurang.
Mungkin ini akan lebih merepotkan karena dengan posisi umpan mengambang, posisi umpan akan berpindah lebih-lebih bila tiupan angin cukup kencang yang membuat pelampung selalu berjalan. Ditambah lagi kita hasus sering-sering menarik umpan manakala mulai menyeberangi garis atau tali pembatas lapak sebelah untuk kembali kita lempar lagi, lagi dan lagi. Tapi tidak ada cara lain, karena kita harus segera mendapatkan ikan sebanyak mungkin dan anggap saja itu adalah senanya memancing.

Cara Yang Kedua :
Cara yang kedua ini biasanya tidak dianjurkan, namun dengan kondisi ikan setengah air, ada juga kolam yang memperbolehkan dan menganggap cara ini sah-sah saja tergantung kesepakatan. Caranya adalah
1. Gunakan rangkaian mata pancing lebih dari satu, bisa dua atau tiga.
2. Gunakan mata pancing dengan ukuran yang lebih besar supaya mudah mengait apapun saat ditarik.
3. Gunakan pelampung yang ringan, tujuannya untuk lebih sensitif dengan sentuhan ikan.
4. Bila pelampung bergerak karena ada sentuhan ikan, segera gentak joran dengan tujuan pancing akan mengait bagian tubuh ikan.
Cara ini mungkin bisa dibilang cara-cara brutal karena menjambret ikan bukanlah termasuk seni dalam memancing.

Baca juga :
1.  Mengapa Ikan Mas Tidak Mau Makan Umpan
2. Cara Mancing Ikan Di Kolam Yang Banyak Lumutnya
3. Memilih Hari Yang Baik Untuk Mancing Ikan 

Demikianlah Cara Memancing Ikan Mas Setengah Air, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita pemancing pemula.
Salam Mancing Mania......
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memancing Ikan Mas Mengambang Setengah Air

0 komentar:

Posting Komentar